Tags

, , , , , , , ,

Januari 2011, seorang pemuda 24 tahun membuat geger dunia. Pasalnya dia berhasil membobol jaringan internet kampus MIT yang terkenal ketat dan susah di tembus. Dia adalah Aaron Swartz yang mendonwload jutaan jurnal akademik MIT secara ilegal untuk kemudian dibagikan secara bebas kepada siapa saja. Inilah akhir dari aksi sepak terjang seorang hactivist nan idealis itu.

Bagi yang sering berselancar di situs Reddit, sebuah forum sharing yang PALUGADA (Apa Lo Mau Gue Ada, saking lengkapnya – mungkin kalo di Indonesia kayak Kaskus kali ya) sosok Aaron Swartz sudah tidak asing lagi mengingat dia tercatat sebagai co-foundernya.

Swartz hidup dengan pengaruh semangat internet free culture movement. Dia dikenal sebagai aktivis internet yang memperjuangkan hak akses publik terhadap informasi digital. Bersama hacktivist lainnya mereka giat melakukan campaign freedom of speech, freedom of information and freedom to connect. Swartz banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan internet dunia. Mulai dari editor wikepedia, wikileaks, watchdog, menggagas teknologi Really Simple Syndication (RSS) sampai pada bahasa pemrograman yang saya tidak mengerti :))

Swartz juga mendirikan organisasi Demand Progress sebagai bentuk reaksi dari kebijakan Stop Online Piracy Act (SOPA) yang digagas pemerintah Amerika Serikat. Swartz bersama teman-temannya melakukan protes besar-besaran pada Januari 2012 yang berujung pada pembatalan undang-undang penyensoran internet. Hal ini dilakukannya atas spirit kebebasan, bahwa akses informasi adalah hak semua orang.

Pada akhirnya, karena perbuatan ngebobol jurnal-jurnal akademik MIT tadi Swartz terancam penjara maksimum 35 tahun dan denda $1M. But, on January 11th 2013, a few months before his trial was due to begin, Aaron Swartz hung himself in his Brooklyn apartment. He was 26 years old. He had told nobody that he was about to take his own life, or why. Too young and too tragic

Jika kalian tertarik dengan kehidupan dari Aaron Swartz saya menyarankan untuk membaca buku Justin Peters terbaru: The Idealist. Aaron Swartz and the Rise of Free Culture on the Internet.

Note: Situs Reddit sudah tidak bisa di akses memakai IP Address Indonesia sejak zaman menteri Tifatul Sembiring sampe Rudiantara sekarang. Situs ini termasuk salah satu situs yang di blokir pemerintah Indonesia dengan alasan pornografi.

Advertisements