Tags

, , , , , , , , , , ,

Tepat hari ini setahun yang lalu saya menerima pengumuman kelulusan di MM UGM Jakarta. Dan gak terasa udah hampir 2 semester terlewati. So far so good and everything is running well like what I planned before. Sekarang kami sedang memasuki musim midterm dan sedang “heboh-hebohnya” deadline assignment baik group maupun individual. Jadi kebayang kan gimana “kocar-kacirnya” saya yang harus menyelesaikan pekerjaan kantor, mengejar deadline assignment kampus dan masih harus belajar menjelang ujian. Saya yakin bukan cuma saya saja yang ngos-ngosan tapi rata-rata teman di kelas juga mengalami hal sama. Hal ini dikarenakan status karyawan kami semua yang membuat kami harus bisa dan tepat dalam membagi waktu antara belajar dan bekerja. Tapi Alhamdulillah nilai semester kemarin sesuai harapan. Almost perfect! I believe where there’s a will, there’s a way. Dan belajar sesuai passion itu memang sangat menyenangkan!

Midterm exam is coming

Midterm exam is coming

Anyway, tulisan saya tentang MM UGM Jakarta gak nyangka ternyata trafficnya tinggi sekali ya. Bahkan banyak yang bertanya via comment dan email tentang perkuliahan di kampus. Buat kalian yang penasaran dan pengen tau lebih jauh tentang MM UGM Jakarta, maka saya coba berbagi informasi selama hampir setahun saya belajar di sini. (Note: Tulisan ini akan sangat subjektif sekali karena berdasarkan pada pengalaman penulis)

  1. Tes Masuk
    Tes masuk MM UGM Jakarta sama dengan tes masuk pascarsarjana UGM. TPA dan TOEFL serta interview. Nilai TPA minimal 500. Nilai TOEFL minimal 450. Total TPA+TOEFL haruslah 975. Setelah lulus TPA dan TOEFL barulah dilanjutkan dengan tes wawancara. Tes ini lebih kepada “gimana kita ngeyakinin interviewer yang rata-rata adalah professor itu kalo kita beneran bakal belajar di MM UGM Jakarta, gak mangkir, lulus tepat waktu dan GAK NUNGGAK SPP!
  2. Matrikulasi
    Matrikulasi ini sifatnya wajib bagi mahasiswa kelas sore dan mahasiswa weekend seperti saya. Tidak wajib bagi mahasiswa reguler kelas pagi berlatar belakang S1 Ekonomi ASAL lulus Tes Pengetahuan Dasar yang meliputi materi-materi matrikulasi. Matrikulasi ini biasa disebut Pra-MBA atau semester 0. Kuliah matrikulasi berlangsung selama 6 bulan. Yes, 6 BULAN CUY!!!
    Dan harap di ingat, kita tidak bisa melanjutkan ke semester berikutnya jika tidak lulus matrikulasi. (Duh jadi inget dulu kuliah di MPKP FE UI, matrikulasinya cuma 2 minggu dan itu juga tanpa tes akhir hehehe) Tapi menurut saya, matrikulasi ini memang penting apalagi bagi mereka yang gak pernah bersentuhan dengan dunia ekonomi. Setidaknya di matrikulasi kita sedikit paham tentang teori dasar ekonomi. Jadi dengan adanya Pra MBA ini diharapkan mahasiswanya siap pas masuk ke perkuliahan inti nanti. So sad di kelas saya kemarin ada 2 orang teman yang tidak melanjutkan setelah matrikulasi, bukan karena tidak lulus tapi lebih kepada passion-nya gak disana. Itulah pentingnya matrikulasi, selain mempersiapkan mahasiswa, juga bisa jadi alat ukur minat awal tiap mahasiswa. Dan berikut materi serta syarat kelulusan matrikulasi:
  3. PRA MBABusana/Pakaian
    MM UGM Jakarta sangat tegas terkait pakaian busana/pakaian dalam proses belajar mengajar. Pria harus memakai batik atau kemeja lengan panjang plus dasi dan celana bahan. Wanita menyesuaikan. Pernah teman di kelas tetangga tidak bisa ikut ujian karena lupa membawa dasi. Pengawas kekeuh tidak mengizinkan dia masuk ruang kelas sebelum memakai dasi. Pernah pula seorang teman tidak diizinkan masuk ke perpustakaan karena memakai jeans. Beberapa dosen memang masih bisa mentolerir jika mahasiswanya tidak memakai dasi tapi ada beberapa dosen juga yang tegas akan peraturan pakaian/busana ini.Saya sih oke-oke saja dengan peraturan ini, karena memang lulusan MM diharapkan nantinya untuk menjadi executive perusahaan yang memang sudah seharusnya selalu tampil rapi.12027529_10207388369165496_1306723332179018689_n
    11951142_10207240794796229_8159561419055797630_n
  4. Kurikulum
    Title yang didapatkan setelah lulus MM UGM memang titel international, MBA. Dan karena MM UGM sudah terakreditasi secara international oleh AACSB, The Association to Advance Collegiate Schools of Business, (FYI: MM UGM adalah sekolah bisnis pertama dan satu-satunya di Indonesia yang terakreditasi oleh AACSB) maka kurikulum yang digunakan adalah standar international. Untuk informasi detail kurikulum bisa dilihat di sini
    untitled

  5. Lama Studi
    Untuk program kelas eksektuif lama studi adalah 2,5 tahun. Sebenarnya efektif perkuliahan adalah 2 tahun, akan tetapi karena wajib mengikuti matrikulasi (Pra MBA) tadi jadilah setengah tahunnya di isi dengan perkuliahan mata kuliah dasar. Dikutip dari website resminya, berikut adalah penjelasan masa studi mahasiswa “The MMUGM curriculum is designed in such a way that enables the students to complete their studies within a reasonable time period. The normal length of study is 18 months for the Regular Program, 24 months for Executive Program, and 30 months for Dual Degree Program. The maximum length of study is twice the normal length of study. To complete the MBA program, a student must: Complete at least 48 credits, including thesis. Complete mandatory non-credit subjects.Have a minimum 3.00 cumulative GPA without D and maximum two Cs/C+s. Defend the thesis”
  6. Bahasa
    Beberapa pembaca yang mampir ke postingan yang ini ada yang bertanya tentang bahasa penghantar. Tenang kawan, walaupun memakai standar international bahasa penghantar MM UGM Jakarta masih menggunakan BAHASA INDONESIA. Hanya kelas International saja yang menggunakan bahasa inggris. Tapi untuk text book yang digunakan semuanya berbahasa inggris. Beberapa dosen memang kadang menggunakan bahasa inggris dalam mengajar, kami juga kadang diwajibkan presentasi dalam bahasa inggris, tapi saya yakin jika kita udah lulus TOEFL yang disyaratkan sebesar 450 itu, kita tidak terlalu susah untuk mengikuti. Hanya memang butuh keberanian untuk bercas-cis-cus dalam bahasa inggris.
  7. Peminatan
    Di MM UGM terdapat 6 peminatan yaitu, Enterpreneurship, Finance, HR&Organization, Marketing, Operation Management dan Strategic Management. Bidang minat  untuk mahasiswa executive seperti saya dilakukan setelah masuk semester 3. Artinya 2 semester pertama mata kuliah yang dipelajari sifatnya lebih general.
  8. UGM Yogyakarta
    Kurang afdhol rasanya kalo anak UGM gak kuliah di kampus asalnya. YOGYAKARTA! Yak, kita memang akan kuliah di UGM Yogyakarta. Hanya saja gak setiap bulan atau setahun sekali seperti rumor yang sering beredar. Anak MM UGM Jakarta akan kuliah di UGM Yogyakarta sekali selama studi dan itu cuma berlangsung 3-5 hari untuk mata kuliah General Business Environment (GBE). Biasanya para mahasiswa mengambil cuti kantor demi kuliah GBE ini. Mendengar pengalaman kakak kelas, kuliah GBE pastinya bakal super asyik karena dosen yang mengajar berbeda-beda dan merupakan praktisi bisnis atau akademisi mumpuni. Karena kuliah ini baru bisa diambil di semester 3 so, I cant wait for this course dan tentunya pengen banget dong segara keliling kampus yogya (norak mode on HAHAHAHA)
  9. Others
    Untuk kehadiran, tugas kuliah, midterm, final dll saya rasa sama dengan kampus-kampus lainnya. Hanya saja, disini tugasnya lumayan “wah” dan mahasiswa juga di pancing untuk aktif di kelas, baik itu melakukan presentasi, tugas kelompok maupun memecahkan case study yang ada. Anyway, sering banget di kelas kita membahas kerjaan kantor. Berdiskusi antar teman yang beda profesi dan beda perusahaan maupun bidang usaha dengan dosen sebagai fasilitatornya, Yak we brings the real case study in the our office to class. So, we looked like some CEOs who discussed about future of company. Jadi kita tidak hanya belajar case study yang ada di buku (karena keseringan merupakan masalah perusahaan di US yang kadang gak relevan untuk Indonesia) tapi kita benar-benar dihadapkan akan masalah perusahaan kantor yang soooo Indonesia. Trust me, Its soooo funnn kalo udah nyangkut analisa case study!!!

Suasana Kelas

Suasana Kelas

(sok) serius menjelang ujian.

(sok) serius menjelang ujian.

Well, demikianlah sekelumit informasi tentang MM UGM Jakarta. Dan buat kalian yang pengen kuliah di MM UGM Jakarta informasi detail selain yang saya tulis diatas bisa liat di website resmi atau bisa juga telepon langsung ke bagian admisi di (62) (21) 83700333, 83700339, 83700340. Percayalah tim admisi ini super helpful karena dulu sebelum saya ikut tes, saya juga mendatangi admisi MM UGM Jakarta untuk berdiskusi, tidak hanya tentang syarat administrasi tapi konseling tentang perkuliahan dan hal-hal detail lainnya yang membuat saya akhirnya membulatkan tekad untuk belajar di MM UGM Jakarta. So guys, cant wait to see you on MM UGM Jakarta campus!

Advertisements