Tags

, , , , ,

INSIDE-OUT-18

Saya tahu film ini sekitar akhir tahun lalu ketika ada partner kerja dari Disney Southeast Asia yang datang ke kantor untuk menjajaki beberapa kerjasama. Banyak hal yang kami diskusikan termasuk upcoming movie mereka, Inside Out. Saat mereka memperlihatkan trailer dan premis filmnya saya langsung terpana. Its gonna be great movie! So original, so PIXAR and so cutting edge. And although its film was fulfilled by informative and science materials, trust me, its soooo entertaining! PIXAR tahu banget cara mengemas hal yang sangat serius menjadi sesuatu yang menghibur.

Well, sebenarnya ini adalah transcript diskusi minggu lalu di minggu sore bersama Sandi, teman sesama pecinta film dunia hayal-hayal 🙂 di sosial media Path tentang film Inside Out. Berawal dari kekaguman saya akan kecerdasan serta kejenakaan scriptwriter Inside Out akhirnya diskusi menjadi panjang dan seru. Bahkan beberapa teman kemudian ikut nimbrung di forum kami. With no edit, this is our conversation

Dari semalem mikir “kok bisa ya PIXAR bikin ide Inside Out?”
Walopun judulnya Inside Out tapi pilemnya Out of The Box banget. Kudos to the scriptwriter, super genius!
PIXAR emang gak pernah gagal bikin film!
Smart, witty and beautifully written!

Sandi: Bing bong , bing bong..

Saya: Banyak yg pengen gue diskusiin ttg pilem ini sama elo. Eniwei kok gue jadi inget Toy Strory ya pelopor pilem ttg mainan. Skrng PIXAR balik lagi sbg pelopor. Pelopor pilem emosi. Bentar lg pasti bakl booming tema serupa

Sandi: Meskipun menurut gue terlalu berat buat anak2, terutama dialog di ‘inside’ nya. Tapi untungnya di ‘outside’-nya / (plot cerita riley) dan juga petualangan joy, sadness dan bing bong masih bisa bikin anak2 tetep anteng. Bing bong lah sbnrnya titik temu antara penonton anak2 dan dewasa.

Inside-Out-Joy_Wallpaper-HD1

Saya: Yup gue juga mikir hal yang sama. Ide membuat petualangan Joy dan Sadness itu jenius banget. Saat mereka berpetualang ke struktur emosi Riley serta terdampar di alam bawah sadar, long memory serta ingatan yang dilupakan gue jadi mikir ide dibalik petualangan itu. Berapa banyak buku psikologi yg di baca sang penulis buat jadi insight. Gokil ya

Bing Bong. Entah kenapa setiap kali melihat Bing Bong saya selalu inget dengan karakter Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang majalah BOBO

Bing Bong. Entah kenapa setiap kali melihat Bing Bong saya selalu inget dengan karakter Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang majalah BOBO

Sandi: Iya ya. Pasti bacaan psikolog berat2nya mesti di twist jadi hal yg simpel macam secara perlahan ngarahin sadness sbg kunci penyelesaian dan ngasih semacam sudut pandang baru bagi anak2 kalo sadness itu ga selalu hal yg buruk. Sbnrnya udh curiga sih pas dibikin joy sama sadness harus barengan terlempar, secara dua hal yg oposit pastinya bakal menimbulkan banyak konflik. Gue pribadi sih ngerasa biasa aja sama idenya, krn pasti banyak orang lain juga yg pernah terbersit mengenai ‘little voices inside’ ini. Tapi utk ide dijadiin film nya itu yg gokil. Terlalu luas dan bahkan ga ada batas. Ga kebayang saat penulisnya mikir mau mulai darimananya itu, terlalu banyak pilihan. trus gimana mrk berperang utk ga tergoda ngembangin lagi ide nulisnya yg pastinya  bakal nongol mulu selama proses nulis scripy. Krn harus tetep teguh berpatok pada plot yg udh dibikin. Itu kan susahh !!!

download

635706268855895052-inside-out-d345-301ccs.sel16.1453

Rachel: Pernah questioning ga kenapa sadness jd leader di emaknya sedangkan anger jd leader di bapaknya?

Saya: IMO, Mungkin krn cewek itu perasa kali ya dan cowok itu pemarah. Tp itu jawaban common things yg gue liat sekitar sih. Eniwei, Thats why i called genius to their writer. Pasti mereka riset abis2an pertanyaan lo tadi. Simpel sih tp klo penontonnya detil kayak kita ya pasti jd pertanyaan. I means cowok biasanya melakukan sesuatu pake emosi. Cewek biasanya lbh pake hati.

Sandi: Iya, i notice kok sadness di emaknya jadi leader. Mungkin bisa jadi nanti seiring waktu makin dewasa, dengan paparan realita hidup dan terpaan cobaan yg bertubi2 membuat sadness di diri riley lah yg mengambil alih. Soalnya ga pantes ya kalo udh emak2, joy nya yg masih dominan. Pas puber pasti yg ambil alih si disgust deh. Dan kalo udh nenek2, gue yakin yg warna ungu yg dominan.

040915_InsideOut_Characters

Saya: Bisa juga gender akan membedakan mana yg lbh dominan. Like Rachel said, sadness di emak, anger di bapak. Back to psychology theory sih, gak tau detail tp common-nya cewek perasa, apa2 pake hati dan cowok pemarah, apa2 pake emosi. Walo usia mereka sama. Anyway, gue mikir yg scene alam bawah sadar dan mimpi2an itu gue jadi inget teori neuroscience. Ah betapa luasnya pengetahuan sang penulis film.

Sandi: Jadi intinya ini film bisa dibikin sequel sampe si riley nenek2. Demi ngeliat si masa apa aja masing little voices itu ambil peranan Ah kalo ngomongin alam bwh sadar dan nimpi2an gitumah ga bakal ada habisnya. Kurang dalem apa cobak inception. Tapi tetep aja masih ngerasa kurang. Krn pengetahuan manusia soal itu masih terbatas. Ngebikin jadi timbul asumsi dan kemungkinan2 yg ga terbatas.

Yupe: Jangan lupa klo ini kolaborasi sama disney loh peng… don’t left them out 😉

Sandi: Tapi disney tanpa pixar memang cuma bisa mengandalkan fairytale atau cerita berbau heroik doang. (Seingatku) Bukan ide cemerlang nan nyeleneh macam film yg ngegandeng pixarnya

Saya: Iya yupe. Srkng mereka udah join. Anyway, Mungkin lebih ke positioning kali ya Sand. Pixar ke animasi out of the box, dan kalo Disney lebih ke fairytale and hero

Sandi: Yaa.. Disney lbh ke art dan pakem2 konvensionalnya. Pixar lbh ke ide baru, teknologi dan other anypossibilty

Advertisements