Tags

, , , , , , ,

Saya sudah mulai gerah dan jengah dengan postingan-postingan berbau SARA diikuti judul-judul provokatif yang makin ramai di social media. Salah satu yang sedang heboh sekarang adalah foto Cut Nyak Dien. Berikut foto yang beredar yang kemudian dikait-kaitkan dengan agama sehingga memancing kebencian dan menyebar benih konflik sektarian.

Cut Nyak Dien 2

Beritanya bisa dibaca disini

Atau postingan bernada kebencian seperti ini
UntitledKenyataannya, foto tersebut merupakan foto istri Panglima Polem (Vrouw van Teukoe Panglima Polim te Sigli). Source by KITLV heritage collection, part of Leiden University Libraries. KITLV sendiri merupakan lembaga yang keabsahan serta kredibelitasnya diakui oleh kalangan akademisi dan sejarawan dunia.

Cut Nyak DienDetail foto silakan cek ditautan ini

Saya pernah menulis Masyarakat Nyinyir dan Budaya Nalar beberapa bulan lalu sebagai bentuk keprihatinan terhadap masyarakat Indonesia yang senang bergunjing dan berargumen tanpa nalar, menyebarkan berita tanpa konfirmasi dan membuat fitnah penuh rekayasa. Anehnya sumber penebar berita penuh kebencian ini justru berasal dari media-media karbitan yang membawa lebel agama, dan dikelola oleh kader/simpatisan dari partai agamis atau organisasi agama tertentu yang harusnya mereka lebih paham dan mengerti jika berbohong, dusta serta fitnah sangat dilarang oleh agamanya.

Ditangan orang-orang ini media online dan sosial media jadi alat propaganda kebodohan. Membuat berita bodoh dengan bumbu SARA untuk kemudian disebarkan ke orang-orang bodoh yang malas berpikir lagi bersumbu pendek. Kemudian orang bodoh tadi akan share berita bodoh ke orang bodoh lainnya. Orang bodoh lainnya share lagi ke temen-temen bodohnya untuk jadi tambah bodoh. Temen-temen yang bodoh tadi men-share kembali berita bodoh dengan harapan bisa memperbanyak populasi orang bodoh lainnya. Bodoh kok berjamaah?!

Contoh berita bodoh 1

Contoh Berita Bodoh 1: Teori COCOK-OLOGI

Berita Bodoh 2

Contoh Berita Bodoh 2: PELINTIR BERITA

Berita Bodoh 3: BERITA SATIR DARI AKUN SATIR YANG AKAN DI PERCAYA LANGSUNG OLEH ORANG BODOH YANG GAK BISA MEMBEDAKAN BECANDAAN

BERITA SATIR DARI AKUN SATIR YANG AKAN DI PERCAYA LANGSUNG OLEH ORANG BODOH YANG GAK BISA MEMBEDAKAN BECANDAAN DAN MALAS KROSCEK

Ketahuilah kawan, jaman sekarang agama sudah jadi komoditas dagang serta alat paling mudah dan murah dalam mengadu domba karena ia merupakan tameng paling jitu dalam mencapai kehendak serta kuasa. Please jangan menambah populasi orang bodoh dengan berhenti menebar berita bodoh!

10547523_10153237150631773_976530337577779502_n

Advertisements