Tags

, ,

April 2010 lalu, salah satu presenter Apa Kabar Indonesia Pagi, TVOne Indy Rahmawati dilaporkan Mabes Polri ke Dewan Pers dengan tuduhan merekayasa markus jejadian (makelar kasus palsu) dalam sebuah wawancara khusus dengan tujuan memojokkan pihak kepolisian. Kronologisnya bisa dibaca disini. Sampai saat ini saya tidak tahu kelanjutan dari kasus ini.

11111

Agustus 2012,  Budi Van Boil menulis dalam blognya: Mempertanyakan Tayangan Investigasi Trans TV. Budi tidak sendirian, banyak netizen lain yang mempertanyakan hal serupa. Apakah tayangan-tayangan tersebut investigasi asli para jurnalis Trans TV ataukah hanya sebuah rekayasa seperti reality show yang kerap mereka produksi

116

*****

Semalam saya menonton film Nightcrawler, debut perdana dari Dan Gilroy yang sebelumnya lebih dikenal sebagai screenwriter kawakan Hollywood. Nightcrawler adalah film thriller-suspense yang bercerita tentang perjalanan seorang jurnalis lepas/independen dalam memburu berita di kota Los Angeles. Jurnalis independen sendiri biasanya disebut stringer. Nightcrawler adalah penyebutan lain dari stringer, atau stringer yang beraktifitas di malam hari. 

113

Adalah Lou Bloom (Jake Gyllenhaal), pemuda pengangguran dan nyaris putus asa mengingat susahnya mencari kerja di kota L.A. Pada suatu malam, saat sedang berkendara di jalanan ibu kota dia menyaksikan sebuah kecelakaan. Korban yang berdarah-darah, mobil polisi dengan sirene yang meraung-raung, mobil korban yang rusak parah dan kamera-kamera wartawan. Lou berbincang dengan salah satu kameramen yang meliput mengenai pekerjaan mereka, dari situ Lou kemudian mendapatkan ide untuk menjadi seorang jurnalis lepas dan independen. Mengabadikan setiap momen tragedi dan menjualnya dengan stasiun TV.

Kisah Lou sebagai jurnalis independen dimulai saat dia berhasil menyadap radio komunikasi antar polisi yang bertukar informasi tentang segala kejadian kriminal yang sedang berlangsung di daerah LA. Lou menjadi panglima terdepan dalam setiap kejadian bertajuk pembunuhan, kebakaran, kecelakaan dan hal-hal yang sifatnya kriminal. Gambar, video dan keterangan para saksi yang dikumpulkan kemudian Ia jual kepada Nina Romina (Rene Russo) seorang News Director sebuah TV Berita lokal dengan rating rendah yang sedang berjuang hidup-mati mempertahankan posisinya. Dibantu oleh Rick (Riz Ahmed), Lou berkeliaran di malam hari demi mendapatkan berita-berita kriminal yang Ia bumbui dengan sensasi-sensasi picisan namun diminati oleh Nina.

114

Pada akhirnya Lou menjelma menjadi jurnalis bertangan dingin, tanpa nurani dan akan melakukan apapun demi sebuah berita, termasuk membunuh rekan seprofesinya. Bahkan, dalam beberapa kesempatan Lou “mengkondisikan” sendiri TKP kejadian. Lou telah mengaburkan batas antara jurnalis dan korban, antara pengamat dan amatan, serta Lou membuat bagaimana caranya supaya dirinya menjadi bintang dalam setiap kejadian

115

Nightcrawler adalah sebuah film cerdas. Satiran terhadap liputan-liputan berita kriminal, rekayasa kasus, tragedi serta kecelakaan yang dalam pemberitaanya sering mengabaikan kaidah-kaidah jurnalistik.

Advertisements