Tags

,

Kemarin siang, salah satu temen saya berkabung. Janin yang dikandungnya keluar sebelum waktunya. Tak hanya dia yang bersedih. Saya ikut bersedih, teman-teman lain juga bersedih. Karena kami tahu rentang waktu penantian dirinya akan kehamilan dan perjuangan kerasnya untuk bisa hamil. Banyak hal yang di korbankan baik itu materi maupun waktu.

Saat kami mengunjunginya di rumah sakit, tak tampak kesedihan sedikit pun di raut wajahnya. Dia tetap ceria, bercerita tentang sakitnya pendarahan sambil tertawa kecil. Sesekali tersenyum menatap wajah kami yang sendu. Kadang mengurut-urut perutnya, hanya meringis tidak menangis. Mata saya berkaca-kaca menatap ketegarannya. Dan ada sesuatu yang hangat di dada saya ketika dia bercerita tentang rencana Tuhan. Bahwa Tuhan sungguh baik, bahwa Tuhan tahu yang terbaik dan bahwa Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik bagi dia, suami dan keluarganya.

Entahlah, saat itu saya iri dengan kesabarannya, saya iri dengan ketegarannya dan saya iri dengan keteguhan iman kristusnya. Selama ini saya sering mendengar orang-orang terdekat saya yang kehilangan. Kehilangan keluarganya, kehilangan barang berharganya, kehilangan pekerjaan dan kehilangan-kehilangan yang menimbulkan luka lainnya.

Kehilangan yang meninggalkan banyak bekas dan sulit di hapus serta pedih saat di ingat.

Terkadang saya, kamu, dan kita lupa, bahwa memiliki adalah menjaga, memiliki adalah bersiap untuk ditinggalkan dan memiliki artinya siap untuk kehilangan.

Nothing lasts forever.

Terima kasih teman…

Terima kasih telah menggajarkan saya bahwa kehilangan adalah bagian alami dari kehidupan, bahwa kehilangan adalah proses pendewasaan, bahwa kehilangan berarti kita wajib bersyukur akan apa yang dimiliki, bahwa kehilangan tak membuat duniamu berakhir. Terima kasih telah mengajarkan saya untuk mengatasi luka kehilangan. Terima kasih telah mengajarkan saya mengurangi sakit saat peristiwa kehilangan datang.

Sometimes life doesn’t want to give you something you want, not because you don’t deserve it, but because you deserve more

Advertisements