Tags

, ,

Jika ada negara yang ingin saya kunjungi lagi dan lagi, maka negara tersebut adalah Switzerland atau yang lebih kita kenal dengan negara Swiss. Sebenarnya pada saat berlibur ke Eropa saya tidak berharap banyak dengan negara ini karena tujuan utama travelling saya adalah Belanda, Jerman dan Perancis. Akan tetapi karena perjalanan Frankfurt – Paris via bus harus melawati negara Swiss jadilah saya memasukkan Swiss sebagai destinasi negara tujuan.

IMG_3725Sesampai di Swiss saya langsung bengong. All about green! Kondisi alam di Swiss sangatlah indah, dan di bagian selatan Swiss terbentang pegunungan Alphen yang menjadi perbatasan dengan Prancis di Barat hingga Jerman dan Austria di bagian Timur. Benerlah kata orang-orang kalau Swiss merupakan negara dengan pemandangan surga yang di dukung oleh jaminan kebersihan dan keamanan oleh pemerintahnya.

Pusat Kota Zurich

Pusat Kota Zurich

Hari pertama mendarat di Swiss saya langsung menuju Zurich. Its the largest city in Switzerland and located in north-central Switzerland. Zurich di kenal sebagai pusat financial dan bisnis negara Swiss.

Banyak perusahaan besar dunia yang berkantor pusat di Zurich. Hal ini dikarenakan tarif pajak yang mereka berlakukan terhadap perusahaan sangatlah rendah.

Katanya lagi, Zurich beberapa kali terpilih sebagai kota dengan kualitas hidup paling tinggi di dunia serta kota terkaya di Eropa. Wow.

Pusat Souvenir Zurich

Pusat Souvenir Zurich

Zurich mempunyai danau tengah kota yang airnya sangat jernih sehingga bisa memantulkan warna birunya langit serta Sungai Limmat yang airnya sebening kristal. Saya berdecak kagum saking indahnya.

Central city, Zurich

Central city, Zurich

Selain itu, Zurich merupakan kota modern dengan fasilitas canggih, mall gede, pusat souvenirs yang sangat lengkap, transportasi publik yang sangat bagus, pusat penjualan jam tangan dan coklat khas Swiss serta kota dengan bangunan-bangunan kuno yang indah dan cantik yang masih terawat dengan sangat sempurna di sepanjang jalan kota.

Zurich di malam hari. Agak ngeblur karena menggunakan kamera handphone.

Zurich di malam hari. Agak ngeblur karena menggunakan kamera handphone.

Setelah dari kota Zurich saya kemudian melanjutkan perjalanan ke Mt. Titlis yang berada di bentangan pengunungan Alphen. Mt. Titlis terletak Engelberg, sebuah desa dekat kota Luzerne.

Rumah di kaki gunung Alpen

Rumah di kaki gunung Alpen

Pemandangan sepanjang jalan Luzerne sangatlah mencengangkan. Baru kali ini saya melihat keindahan hamparan tanah hijau dengan beragam rumah/penginapan warna-warni yang menghiasi jalanan desa. Magnificent. Spendid. Spectacular!

Cottage dan Hotel di seputaran Mt. Titlis

Cottage dan Hotel di seputaran Mt. Titlis

Rumah dan apartement di kaki gunung Mt. Titlis

Rumah dan apartement di kaki gunung Mt. Titlis

Penginapan seputaran pegunangan Alphen

Penginapan seputaran pegunangan Alphen

Sesampai di kaki Mt. Titlis saya harus membeli tiket cable car untuk menuju puncaknya. Ketinggian Mt. Titlis mencapai 3.000 Meter Lebih, tepatnya 3.029 Meter. Dulu Titlis disebut Tuttelsberg, dan kemudian Titise. Suhu di gunung tersebut mencapai 0 °C. Salju yang ada di Mt. Titlis tidak pernah cair karena abadi sepanjang zaman. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini.

Bus Stop

Bus Stop

Menunggu antrian cable car

Menunggu antrian cable car

Dari Engelberg menuju Trubsee bisa dengan gondola udara yang kemudian dilanjutkan dengan naik cable car menuju Stand (di atas glasier), dan kemudian dengan Rotair menuju puncak Gunung Titlis. Lama perjalanan sekitar 40 menit.

Pegunungan Alphen

Pegunungan Alphen dari atas cable car

Dan sesampai di atas puncak Mt. Titlis saya tercengang dengan sajian pemandangan yang sungguh sangat indah memanjakan mata. Subhanallah…

Berada di puncak gunung untuk pertama kalinya.

Berada di puncak gunung untuk pertama kalinya.

Sungguh… I left my heart in Switzeland. Semoga di kemudian hari saya bisa mengunjungi negara ini lagi. Berkeliling kota-kota lainnya yang tidak kalah indah dari Zurich dan Luzern. Insya Allah…

*semua foto yang ada di postingan ini menggunakan kamera iPhone 5*

Advertisements